-->

4 Contoh Paragraf Persuasi dan Pengertiannya

Contoh paragraf persuasi – Masih membahas paragraf nih. Sebelumnya kakak sudah pernah membahas paragraf eksposisi, dan kali ini kakak akan membahas paragraf persuasi.  Kata kunci dari paragraf ini adalah “mempengaruhi”. Lalu apakah paragraf persuasi? Paragraf persuasi merupakan paragraf yang isinya membujuk atau mengajak pembaca agar mengikuti apa yang diungkapkan penulis dalam paragraf persuasi. Tujuan dari paragraf ini adalah mempengaruhi pembaca agar mengikuti ajakan yang ditulis oleh penulis.
4 Contoh Paragraf Persuasi dan Pengertiannya
Agar lebih memahami paragraf persuasi kakak akan jabarkan ciri-ciri paragraf persuasi.
Ciri-ciri paragraf persuasi.
1. Paragraf persuasi dikemukakan dengan alasan-alasan kuat yang disertai data dan fakta untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembaca.
2. Menggunakan kata-kata ajakan. Misalnya ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain.
3. Paragraf persuasi biasanya tidak menghadirkan konflik agar kepercayaan pembaca tidak berkurang da nada kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca.
Berikut merupakan jenis-jenis paragraf persuasi dancontohnya.
1. Paragraf Persuasi Politik
Paragraf persuasi politik merupakan paragraf yang berisi ajakan yang mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau bergabung ke dalamdunia politik. Biasanya paragraf ini digunakan oleh orang-orang yang berhubungan dengan dunia politik.
Contoh:
Mari pilih pemimpin sesuai dengan hati nurani, karena sebentarlagi pemilihan umum atau Pemilu akan tiba. Gunakan hak pilih Anda, 1 suara menentukan mau dibawa kemana bangsa Indonesia. Pilih pemimpin yang dapat dipercaya. Oleh sebab itu gunakan hati nurani Anda untuk memilih. 
2. Paragraf Persuasi Pendidikan
Pararaf persuasi pendidikan merupakan paragraf ini biasa digunakan oleh orang-orang yang turut andil dalam dunia pendidikan untuk melancarkan tujuan pendidikan, biasanya digunakan oleh guru untuk mempengaruhi siswa agar lebih giat belajar. Berisi himbauan, anjuran, motivasi.
Contoh:
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk pendidikan, baik itupendidikan formal maupun informal. Tanpa pendidikan hidup tidak akan terarah, akibatnya masa depan menjadi tidak cerah. Dengan pendidikan kita dapat meraih cita-cita dan meraih kehidupan yang lebih baik. Pendidikan bias kita dapatkan dengan belajar sungguh-sunnguh dimanapun tempatnya.  Karena tanpa pendidikan kita tidak akan dapat meraih apa yang kita cita-citakan, jadi mari meraih pendidikan sampai ujung usia.

3. Paragraf Persuasi Advertensi
Paragraf persuasi advertensi biasanya digunakan oleh produsen-produsen suatu produk untuk memperkenalkan barang maupun jasa pada konsumen. Paragraf ini memiliki tujuan untuk memasarkan barang atau jasa sehingga konsumen mau membeli produk atau memakai jasa tersebut. Paragraf ini juga disebut dengan iklan.

Contoh:
Saat ini kebanyakan orang menganggap kecantikan sebagai modal utama khususya bagi wanita, berbagai produk kosmetik pun bertebaran dimana-mana, yang menawarkan berbagai manfaat bagi kecantikan.Namun tidak semua produk tersebut ternyata aman bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa produk kecantikan yang tidak memiliki izin edar namun banyak beredar di kalangan masyarakat. Hal ini sangat disayangkan, karena kecantikan yang dihasilkan dapat membahayakan kesehatan. Orifi merupakan produk yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia, produk kecantikan ini sudah diuji oleh banyak oeneliti selama lebih dari 50 tahun. Selain telah teruji aman untuk dipakai, produk Orifi juga memiliki izin dari BPOM. Jadi marilah kita gunakan produk kecantikan yang membuat cantik dan tidak berbahaya untuk kesehatan, ganti produk kecantikan Anda dengan produk Orifi yang sudah teruji kuakitasnya.

4. Paragraf Persuasi Propaganda
Paragraf persuasi propaganda merupakan paragraf yang berisi informasi dengan tujuan agar pembaca mau mempercayai dan melakukan apa yang ditulis oleh penulis. Biasanya paragraf ini bias kita temukan di dalam surat kabar, majalah, dan lain-lain.

Contoh:
Seiring maraknya kejahatan yang dilakukan teroris khususnya ISIS,mengakibatkan nama Islam tercoreng. Islam disebut sebut sebagai agama yang penuh dengan kekerasan. Akan tetapi hal tersebut salah besar, hanya orang-orang yang tidak mengerti Islam saja yang menyatakan seperti itu. Dan hanya orang yang salah saja yang melakukan jihad dengan jalan kekerasan. Padahal sudah jelas Allah SWT melarang pembunuhan apalagi membunuh saudara sesame muslim. Oleh sebab itu,sebagai pemuda Islam kita janganlah mudah terpengaruh oleh ajaran-ajaran baru yang mengatasnamakan Islam, hendaknya kita selalu bepegang teguh pada Al-Quran, agar kita tidk mudah tersesat. Dan mari kita bersihkan nama Islam dengan saling menjaga sikap dan perbuatan kita.
Contoh paragraf persuasi telah kakak jelaskan,semoga kalian semakin giat belajar. 

0 Response to "4 Contoh Paragraf Persuasi dan Pengertiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel